Pandeglang merupakan daerah yang banyak menghasilkan makanan tradisional, baik yang berasal dari beras,jagung dan ubi.Salah satu makanan tradisional yang menjadi ciri khas kabupaten Pandeglang adalah ranginang (rengginang).Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran makanan tradisional ranginang ( rengginang) di Kabupaten Pandeglang. Metode penelitian menggunakan metode deskriftif dengan sifat komparativ. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket. Data angket dianalisis menggunakan matriks IFE (1,392), matriks EFE (1,739), matriks IE (1,392 dan 1,739 berada pada sel V). Hasil analisis SWOT menghasilkan 5 alternatif strategi yang dapat dipilih oleh perusahaan yaitu: 1) Mempertahankan harga dan meningkatkan kualitas produk untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas konsumen. 2) Menjalin kerjasama dengan agen distributor yang potensial untuk menambah pangsa pasar. 3) Memanfaatkan lokasi yang strategis untuk menarik pelanggan yang potensial. 4) Menciptakan produk dengan bentuk dan cita rasa yang baru.. 5) Melakukan kegiatan promosi dan iklan untuk menarik pelanggan potensial dan memperluas daerah pemasaran.Berdasarkan hasil analisis matrik QSPM, dari lima alternatif strategi yang ada terdapat satu alternatif strategi yang diprioritaskan untuk dilakukan oleh perusahaan yaitu mempertahankan harga dan meningkatkan kualitas produk untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas konsumen dengan skor TAS sebesar 4,445
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020