Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Cooperative Problem Solving yang didukung oleh Hierarki Konsep pada Pelajaran Ekonomi. Penelitian ini adalah Class Action Research yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus memiliki empat tahap: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitiannya adalah kelas XI-IPS SMA Swasta Pemda 2 Gunungsitoli Tahun Ajaran 2019/2020 yang berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data melalui pengamatan, wawancara, studi dokumen, kuesioner, dan tes. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran cooperative problem solving yang didukung oleh Hierarki Konsep dapat meningkatkan kreativitas dan prestasi pembelajaran siswa pada pelajaran Ekonomi pada siswa kelas XI-IPS SMA Swasta Pemda 2 Gunungsitoli Tahun Ajaran 2019/2020. Pada Siklus I, persentase kreativitas siswa mencapai 60% dan meningkat menjadi 96,67% pada Siklus II. Persentase penyelesaian aspek pembelajaran pengetahuan siswa dalam Siklus I adalah 56,67% dan meningkat menjadi 86,67% pada Siklus II. Persentase penyelesaian aspek pembelajaran sikap siswa pada Siklus I adalah 93,33%, dan pada Siklus II meningkat menjadi 100%, dan penyelesaian aspek pembelajaran keterampilan siswa meningkat dari 93,33% menjadi 100%.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021