Edumaspul: Jurnal Pendidikan
Vol 5 No 2 (2021): Edumaspul: Jurnal Pendidikan

Identifikasi Kesulitan Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Aljabar Elementer

Sadiana Lase (IKIP Gunungsitoli)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2021

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses dan hakikat pembelajaran matematika bagi mahasiswa pendidikan matematika. Penelitian ini menggunakan studi kasus campuran dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika di IKIP Gunungsitoli yang mengalami kesulitan belajar matematika pada mata kuliah Aljabar Elementer. Instrumen yang digunakan adalah tes diagnostik dan pedoman wawancara. Letak kesulitan matematika di lihat berdasarkan kesulitan mahasiswa menyelesaikan tes diagnostik. Temuan penelitian menunjukkan bahwa motivasi mahasiswa untuk belajar matematika didasarkan pada pemahaman mereka tentang pengetahuan faktual sebesar 12,2%, pengetahuan konseptual sebesar 19,7%, pengetahuan prosedural sebesar 20,7%, dan pengetahuan metakognitif sebesar 47,4%.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

maspuljr

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Edumaspul: Jurnal Pendidikan is first published in March 2017 and covers much research in all levels of education (primary, secondary, and higher education). Edumaspul: Jurnal Pendidikan become a CrossRef Member since the year 2019. Therefore, all articles published will have a unique DOI number. ...