Pelaksanaan Akreditasi Puskesmas menjadi cara untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan pada puskesmas, sehingga dari mutu pelayanan kesehatan yang ditingkatkan dapat memberikan kepuasan bagi pasien atau masyarakat yang menerima pelayanan kesehatan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi pasien tentang akreditasi puskesmas terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Siatas Barita. Desain penelitian explanatory research menggunakan pendekatan crossectional study. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 525 orang yang berusia 25-50 tahun, dan jumlah sampel yang didapat sebesar 84 orang. Analisis data chi-square dan regresi logitik berganda. Variabel Persepsi terhadap sumber daya manusia (p=0,001) dan manajemen mutu (p=0,001) berpengaruh terhadap kepuasan pasien berpengaruh terhadap kepuasan pasien. Pelayanan dan kepuasan merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan, karena dengan adanya kepuasan maka pihak terkait dapat saling mengkoreksi sampai dimana pelayanan yang diberikan apakah bertambah baik atau buruk. Penanggungjawab manajemen mutu puskesmas harus melakukan evaluasi lebih lanjut yang berhubungan dengan sumber daya manusia (petugas) dan mutu pelayanan pasien agar dapat meningkatkan pelayanan dan kepuasan pasien di Puskesmas Siatas Barita.
Copyrights © 2021