Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui efektivitas penerapan analisa SWOT dalam menentukan strategi pemasaran produk Mr. Basreng. Mr. Basreng bergerak dalam bisnis kuliner menjual keripik bakso goreng dengan lokasi usaha Kabupaten Gresik Jawa Timur. Pendekatan penelitian menggunakan metode kualitatif yang mampu mendeskripsikan terkait fenomena yang terjadi dilingkungan sekitar dengan memilih 30 informan yang dijadikan sample penelitian yang kebanyakan didominasi oleh kaum perempuan. Teknik pengumpulan data dengan melakukan penyebaran kuesioner dan disempatkan untuk melakukan wawancara langsung dengan informan. Hasil penelitian menunjukan kekuatan usaha Mr. Basreng terletak pada kualitas produk, varian rasa, harga yang mudah terjangkau. Sisi kelemahan dari usaha Mr. Basreng terletak brand belum terkenal, cabang usaha belum dimiliki, lahan parkir yang sempit. Peluang usaha Mr. Basreng yaitu penjualan produk ditargetkan pada disemua kalangan usia, lingkungan penduduk yang padat. Sebagai ancaman usaha Mr. Basreng adanya kenaikan harga bahan baku, produk yang mudah ditiru oleh pesaing, adanya isu negatif terkandung dalam produk.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021