Caraka : Indonesia Journal of Communication
Vol 2, No 2 (2021): CARAKA : Indonesia Journal of Communication

Pengaruh Kualitas Pelayananan terhadap Loyalitas Penumpang Maskapai Penerbangan Batik Air

Grace Natalie Valencia (Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) InterStudi - Jakarta)
A G Sudibyo (Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) InterStudi - Jakarta)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh hasil empiris mengenai pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas penumpang Batik Air. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian verifikatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Populasi yang digunakan adalah penumpang Batik Air periode tahun 2019 yaitu sebanyak 10.989.896 orang. Teknik sampling menggunakan non probability sampling dengan jenis teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 orang responden penumpang Batik Air. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukan, kualitas pelayanan Batik Air berpengaruh terhadap loyalitas penumpang. Kualitas pelayanan dapat memberikan suatu dorongan kepada penumpang untuk menjalin ikatan jangka panjang yang kuat dengan Batik Air atau disebut sebagai loyalitas.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

caraka

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

CARAKA Indonesian Journal of Communication is a peer-reviewed journal organized and published by the Indonesian Scientific Journal (Jurnal Ilmiah Indonesia). Accepted paper will be available online (free access), and there will be no publication fee. The author will get their own personal copy of ...