AMBARSA
Vol. 1 No. 2 (2021): Kebijakan PAI dan Multikulturalisme

Implementasi Pendidikan Toleransi Beragama Melalui Pendidikan Agama Berbasis Multikultural di SMAN 01 Tenggarang Kabupaten Bondowoso

Luthfiyatun Nawiroh (Dosen Manajemen Pendidikan Islam STIT Togo Ambarsari)



Article Info

Publish Date
28 Aug 2021

Abstract

Indonesia merupakan negara yang multikultural yang didalamnya terdapat berbagai macam suku, agama dan ras. Keberagaman tersebut tidak hanya menimbulkan warna tersendiri bagi negeri ini, melainkan kerap kali menjadi hal yang sering menimbulkan konflik antar golongan. Konflik-konflik yang sering muncul dengan berdalih perbedaan tersebut tentunya membutuhkan sebuah jalan keluar supaya tidak terus menjadi momok yang menakutkan bagi bangsa ini. Pendidikan merupakan sarana yang dianggap paling ampuh dalam mengatasi persoalan tersebut. Melalui pendidikan multikultural yang di integrasikan dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, SMAN 01 Tenggarang yang memiliki karaktristik siswa heterogen berupaya untuk menanamkan sikap toleransi beragama di kalangan siswa. Karena diharapkan dengan diterapkannya Pendidikan Agama Berbasis Multikultural di SMAN 01 Tenggarang dapat membuat perbedaan yang ada dikalangan siswa tersebut tidak memicu konflik, justru diharapkan perbedaan tersebut dapat menjadi sesuatu yang bermakna.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ambarsa

Publisher

Subject

Other

Description

Ambarsa adalah jurnal yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Togo Ambarsari untuk peningkatan out-put penelitian sivitas akademik. Jurnal ini memuat kajian pendidikan Islam secara teoritis dan praktis sekaligus juga kaitannya dengan berbagai disiplin keilmuan lain secara interdisipliner ...