Diakom : Jurnal Media dan Komunikasi
Vol 4 No 2 (2021): Vol 4 No 2 (2021)

ANALISIS BAURAN KOMUNIKASI PEMASARAN MANGSI GRILL MASTER DALAM RANGKA PENGEMBANGAN KONSEP USAHA

I Made Oka Megayasa (Universitas Telkom)
Rah Utami Nugrahani (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2021

Abstract

Munculnya berbagai macam perusahaan di Indonesia baik dari sektor industri, jasa, maupun perdagangan menyebabkan peran dari komunikasi pemasaran sangat dibutuhkan. Komunikasi pemasaran (marketing communication) dalam penelitian ini berperan sebagai sebuah sarana untuk mengetahui usaha dari suatu perusahaan dalam upaya menginformasikan, membujuk serta mengingatkan kepada konsumen secara langsung maupun tidak langsung mengenai produk atau jasa yang dipasarkan. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis secara mendalam kegiatan bauran komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Mangsi Grill Master dalam rangka pengembangan konsep usaha. Penelitian ini difokuskan pada pertanyaan utama, yakni bagaimana kegiatan komunikasi pemasaran berkaitan dengan periklanan, pemasaran langsung, pemasaran interaktif, promosi penjualan, hubungan masyarakat serta penjualan personal berdasarkan acuan konsep bauran komunikasi pemasaran (marketing communicatin mix) oleh Morissan. Oleh karena itu, penelitian ini memiliki fenomena yaitu mengetahui kegiatan bauran pemasaran Mangsi Grill Master saat mengusung konsep restoran, dengan adanya pengembangan konsep usaha yang sebelumnya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan paradigma interpretif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Mangsi Grill Master dengan konsep restorannya menerapkan elemen periklanan melalui 2 jenis media, yaitu media cetak dan media sosial; pemasaran langsung melalui bentuk broadcast chat; pemasaran interaktif melalui website; promosi penjualan melalui diskon atau harga coret; kupon; paket kombinasi; paket “beli X gratis Y” dan undian berhadiah; serta hubungan masyarakat melalui kegiatan publisitas dan pelaksanaan acara.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

mediakom

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Jurnal Elektronik Diakom adalah terbitan berkala ilmiah yang dikelola oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Aplikasi Informatika dan Informasi dan Komunikasi Publik (Puslitbang APTIKA dan IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika. Jurnal ini merupakan pengembangan dari majalah semi ilmiah Diakom ...