JURNAL ILMIAH AKUNTANSI DAN MANAJEMEN
Vol 16 No 1 (2020): JURNAL ILMIAH AKUNTANSI DAN MANAJEMEN

FORMULASI STRATEGI DARI EVALUASI SIKLUS HIDUP PRODUK, STRATEGI KEKUATAN KOMPETISI DAN ANTICIPATING COMPETITOR'S ACTION STUDI KASUS CONVENIENCE STORE

Ratna Suminar (Universitas Bhayangkara Jakarta Raya)



Article Info

Publish Date
28 May 2020

Abstract

Penulisan ini merupakan evaluasi terhadap strategi keunggulan kompetisi dari studi kasus convenience store yang sempat menjadi pemimpin pasar di Indonesia. Dasar pemilihan convenience store ini untuk dijadikan studi kasus merujuk pada fenomena model bisnis di Indonesia ketika masuk pasar dan sangat mudah diterima oleh konsumen namun kemampuan bertahan di pasar tidak lama. Selama 9 tahun berada di pasar, produk ini akhirnya kalah oleh produk pengikut. Sehingga diperlukan evaluasi setiap tahap siklus hidup produk tersebut. Evaluasi menggunakan data sekunder dari literatur, melakukan pengamatan di beberapa negara seperti Singapur, Korea dan Jepang, serta melakukan studi literatur tentang competitive strategy, product life cycle. Hasil evaluasi terhadap product life cycle SE antara lain pada tahap perkenalan produk dibutuhkan selama 1 tahun, tahap pertumbuhan selama 2 tahun, tahap kemapanan selama 3 tahun dan tahap penurunan produk hingga dinyatakan tutup selama 3 tahun. Teknik analisis hasil evaluasi dengan menggunakan metode proses Anticipating Competitor’s Actions. Hasil analisis yang diperoleh berupa rekomendasi strategi-strategi umum setiap tahap pada product life cycle yang dapat digunakan untuk produk perintis lainnya.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JIAM

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Manajemen merupakan jurnal ilmiah yang menyajikan hasil karya ilmiah baik secara teori dan empiris dari bidang ilmu Akuntansi dan Manajemen yang mendukung pembangunan nasional ekonomi di Indonesia. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Manajemen menyajikan tulisan-tulisan ilmiah ...