Jurnal Iqtisaduna
Vol 3 No 1 (2017)

PENGARUH KEPRIBADIAN ENTREPRENEUSHIP ISLAM DAN AKSES INFORMASI TERHADAP STRATEGI BISNIS DAN KINERJA BISNIS USAHA KECIL DI KOTA MAKASSAR

Murtiadi Awaluddin (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui dan menganalisis pengaruh langsung kepribadian entrepreneuship Islam dan akses informasiĀ  terhadap strategi bisnis; (2) mengetahui dan menganalisis pengaruh langsung kepribadian entrepreneuship Islam dan akses informasi terhadap kinerja usaha kecil; dan (3) mengetahui dan menganalisis pengaruh tidak langsung kepribadian entrepreneuship Islam dan akses informasi terhadap kinerja usaha kecil melalui strategi bisnis.Penelitian ini dikategorikan dalam penelitian eksplanatory. Sampel penelitian akan dipilih secara acak sederhana (simple random sampling). penentuan sampel penelitian ini digunakan rumus jumlah sampel minimum dari analisis Struktural Equation Modeling (SEM). Dengan model estimasi mengunakan maximum likehood (ML) maka jumlah sampel sebanyak 100 sampel. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Prosedur pengambilan data dalam penelitian adalah dengan (1) teknik kuesioner; (2) observasi; (3) teknik studi dokumentasi; dan (4) deep interview. Model analisis yang digunakan adalah Structural Equation Modelling (SEM) dari paket software statistik AMOS.Hasil analisis menunjukan bahwa (1) kepribadian entrepreneuship Islam dan akses informasi berpengaruh langsung positif dan signifkan terhadap strategi bisnis; (2) kepribadian entrepreneuship Islam, akses informasi dan strategi bisnis berpengaruh langsung, positif dan signifkan terhadap kinerja bisnis usaha kecil; dan (3) kepribadian entrepreneuship Islam dan akses informasi berpengaruh tidak langsung terhadap kinerja usaha kecil melalui strategi bisnis.Kata kunci: kepribadian entrepreneuship Islam, akses informasi, strategi bisnis, kinerja usaha kecil

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

Iqtisaduna

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance

Description

This study aims to determine the efforts of Islamic Financial Institutions in empowering SMEs, strategies and important roles carried out by LKS in order to empower SMEs through the provision of capital to be managed in business. The method used in this research is descriptive analysis method, a ...