Jurnal Iqtisaduna
Vol 4 No 1 (2018)

Potensi Pengembangan Peran Ekonomi Masjid di Kota Bogor

Tuti Kurnia (Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi Islam Universitas Djuanda Bogor)
Wildan Munawar (Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi Islam Universitas Djuanda Bogor)



Article Info

Publish Date
03 Jul 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat sejauh mana peranan dalam bidang ekonomi yang dilakukan oleh masjid di kota Bogor dan melihat potensi pengembangan ekonomi berbasis masjid.  Metode penelitian menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif.  Jumlah sampel sebanyak 50 masjid di kota Bogor dengan teknik analisis data menggunakan analisis diskriminan.  Berdasarkan hasil penelitian, masjid dikota Bogor terbagi menjadi tiga kelompok yaitu masjid yang telah berperan dibidang ekonomi dengan baik, cukup dan kurang memiliki peran ekonomi. Berdasarkan hasil analisis diskriminan, peranan ekonomi yang memiliki peranan yang baik yang dirasakan oleh masyarakat adalah peranan pembinaan, yang cukup baik dirasakan adalah peranan pemberian langsung dan pengembangan keagamaan dan peranan yang kurang dirasakan adalah peran pendampingan, pelatihan, pengawasan dan peningkatan akhlak. Strategi untuk meningkatkan peranan tersebut dapat dilakukan dengan lima tahapan yaitu tahapan pertama merupakan tahap sosialisasi peran ekonomi masjid, tahapan kedua peningkatan kualitas sumber daya manusia DKM dan pengelola masjid, tahapan ketiga inovasi metode penerapan peningkatan ekonomi berbasis masjid, tahapan keempat implementasi dan tahapan kelima evaluasi dan tindakan perbaikan.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

Iqtisaduna

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance

Description

This study aims to determine the efforts of Islamic Financial Institutions in empowering SMEs, strategies and important roles carried out by LKS in order to empower SMEs through the provision of capital to be managed in business. The method used in this research is descriptive analysis method, a ...