Pembelajaran IPS di kelas V SDN Sumberagung III masih memiliki kelemahan diantaranya, belum diterapkan pembelajaran berbasis penanaman nilai sebagai usaha untuk mengembangkan kesadaran nilai pada diri siswa, dan tidak mengetahui model-model pembelajaran inidikarenakan guru tidak ingin susah dalam mengajarkan materi kepada siswa,. Oleh karena itu, peneliti melakukan pembaruan penyajian pembelajaran IPS melalui penerapan model pembelajaran VCT untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Sumberagung III yang berjumlah 14 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus dilaksanakan melalui 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi pada setiap siklus. Data penelitian diperoleh melalui observasi, tes. Data tes hasil belajar siswa dianalisis berdasarkan persentase ketuntasan belajar klasikal. Penerapan model pembelajaran VCT dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V SDN Sumberagung III pada pelajaran IPS, materi menghargai jasa pahlawan, keaktifan siswa meningkat. Hal ini dapat dilihat dari lembar penilaian skala sikap setiap siklusnya, pada siklus I 79,4% dan pada siklus II 87,7%. Hasil ini menunjukkan hasil belajar siswa meningkat.
Copyrights © 2019