Jurnal Psikologi Mandala
Vol 1, No 1 (2017): JURNAL PSIKOLOGI MANDALA

Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Hindu Siswa Kelas VIII

I. G. A. Indah Ardani (Unknown)
Intan Permatasari (Unknown)
Made Surya Bhuana (Unknown)
Ni Made Mega Puspitasari (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jan 2019

Abstract

Abstrak. Ada beberapa pendekatan strategi pembelajaran seperti pembelajaran metakognitif dan kooperatif. Penelitian ini hendak menguji strategi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam meningkatkan prestasi belajar. Tiga puluh siswa kelas VIII (Sekolah Menengah Pertama) menjadi partisipan penelitian terbagi secara random ke kelompok kontrol (tidak menerima perlakuan) dan kelompok eksperimen (belajar dengan menggunakan pendekatan tipe jigsaw). Peneliti menggali data prestasi belajar secara khusus pada matapelajaran Pendidikan Agama Hindu. Pembelajaran kooperatif ini meningkatkan partisipasi siswa selama proses pembelajaran. Siswa juga dilaporkan memiliki prestasi belajar yang lebih tinggi dibandingkan kelompok siswa yang tidak menerima perlakuan.Kata kunci: prestasi belajar, strategi pembelajaran, tipe jigsaw

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

mandala

Publisher

Subject

Arts Humanities Health Professions Public Health Social Sciences

Description

Jurnal Psikologi MANDALA adalah wadah informasi hasil penelitian dan artikel konseptual psikologi yang terbit berkala dua kali setahun setiap bulan Maret dan September. Jurnal Psikologi MANDALA terbit sejak tahun 2017. Ruang lingkup penelitian meliputi : Psikologi Klinis, Psikologi Pendidikan, ...