Bit (Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur)
Vol 14, No 1 (2017): APRIL 2017

RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI PELANGGAN DAN PENAGIHAN DENGAN METODOLOGI BERORIENTASI OBYEK STUDI KASUS PADA PT. XYZ

Anita Diana (Universitas Budi Luhur)
Rizka Aulia Nurrochmah (Universitas Budi Luhur)



Article Info

Publish Date
03 Apr 2017

Abstract

PT. XYZ merupakan perusahaan berbasis teknologi informasi yang berkonsentrasi pada pelayanan jasa dan perdagangan umum, yaitu meliputi Internet Service Provider, Networking, Hardware dan Infrastruktur. Proses bisnis utama perusahaan tersebut adalah melakukan pemasangan internet kepada pelanggan yang ingin berlangganan internet dengan perusahaan dan kemudian melakukan penagihan terhadap pelanggan. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan oleh penulis, permasalahan yang ditemukan adalah penurunan pendapatan perusahaan. Untuk itu diperlukan suatu sistem informasi yang dapat mendukung aktivitas tersebut. Dengan diterapkan sebuah sistem informasi administrasi pelanggan dan penagihan yang telah tekomputerisasi, maka dapat membantu kegiatan administrasi dan penagihan pelanggan agar menjadi lebih efektif, serta menghasilkan data yang lebih akurat, relevan dan tepat waktu, serta meminimalkan penurunan pendapatan perusahaan. Penulis mengimplementasikan dengan menggunakan bahasa pemrograman VB.NET dan menggunakan database MySQL-Front.Kata Kunci: Sistem Informasi Administrasi Pelanggan, Metodologi Berorientasi Obyek.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

bit

Publisher

Subject

Computer Science & IT Electrical & Electronics Engineering

Description

JURNAL BIT (Budi Luhur Information Technology) merupakan Jurnal yang diterbitkan oleh Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur dengan jadwal publikasi dua kali dalam satu tahun (April dan September). Jurnal BIT bertujuan sebagai media pertukaran informasi, pengetahuan mengenai ...