Jurnal Komunikasi dan Media
Vol 2, No 1: November 2021

Strategi Komunikasi Corporate Social Responsibility (CSR) PT PLN (PERSERO) UIK Tanjung Jati B Terhadap Komunitas Nelayan Perairan Pulau Panjang

Ika Setyorini (Universitas Katolik Soegijapranata)
Yohanes Budi Sarwo (Universitas Katolik Soegijapranata)
Abraham Wahyu Nugroho (Universitas Katolik Soegijapranata)



Article Info

Publish Date
08 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi komunikasi CSR (Corporate Social Responsibility) dari PT. PLN (Persero) Unit Induk Pembangkitan (UIK) Tanjung Jati B dalam mengkomunikasikan pesan CSR pada komunitas nelayan di Perairan Panjang, Jepara, Jawa Tengah. Penelitian ini menjawab bagaiamana komunikasi CSR diterapkan melalui komponen strategi komunikasi yaitu mengenali sasaran, pemilihan media, pengkajian tujuan pesan dan peranan komunikator. Penelitian ini menggunakan metode deskripsi kualitatif dengan data primer diperoleh melalui wawancara dan observasi lapangan serta data sekunder melalui kajian pustaka. Subjek penelitian ini adalah asisten manajer CSR PLN UIK Tanjung Jati B selaku pihak yang bertanggung jawab atas kegiatan CSR perusahaan dan ketua komunitas nelayan selaku pihak yang memperoleh bantuan CSR. Penelitian ini menemukan bahwa CSR berhasil dikomunikasikan pada komunitas nelayan dan dianggap menguntungkan nelayan. Penelitian ini juga menemukan adanya hambatan dalam pelaksanaan komunikasi CSR yang berasal dari faktor-faktor sosio-antropologis, semantik dan psikologis.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jkm

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Artikel yang diterbitkan adalah artikel hasil penelitian, baik penelitian lapangan, analisis teks, maupun studi literatur. Topik artikel yang difokuskan dalam jurnal ini adalah komunikasi strategis, komunikasi publik, kajian media dan budaya, jurnalisme, dan teknologi komunikasi dan ...