Latar belakang kegiatan pengabdian adalah menurunnya kesejahteraan mitra dari sisi penjualan. Hal ini disebabkan oleh lemahnya pemasaran produk dan kurangnya inovasi dalam produk usaha. Pengabdian dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan mitra dalam melakukan diversifikasi, inovasi dan pemasaran produk untuk peningkatan produktivitas mitra. Mitra dalam kegiatan pengabdian ini adalah para pelaku UKM Tahu yang terdiri dari 20 pengusahan UKM Tahu. Pengabdian dilaksanakan dengan menggunakan metode ceramah, tutorial pembuatan diversifikasi produk dan kegiatan diskusi. Hasil kegiatan pengabdian menunjukkan peningkatan pemahaman pelaku usaha dalam berbagai variasi produk, peningkatan kemampuan pelaku usaha dalam membuat ragam variasi produk salah satunya “tahu walik” dan pengetahuan mengenai strategi dalam pemasaran produk saat ini. Dari pelaksanaan kegiatan ini, para pelaku UKM Tahu tertarik untuk membuat tahu walik. Melalui pelaksanaan kegiatan pengabdian ini, diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan usaha para pelaku UKM Tahu.
Copyrights © 2021