Jurnal IMPACT: Implementation and Action
Vol. 3 No. 2 (2021): Jurnal Impact

PELATIHAN PEMANFAATAN MARKETPLACE SEBAGAI MEDIA PEMASARAN PRODUK UMKM DI KOTA BANJARBARU

Padli, Padli (Unknown)
Najwaini, Effan (Unknown)
Anwar, Hairul (Unknown)
Indrasary, Yoeni (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2021

Abstract

Ditengah perkembangan UMKM yang belum terlalu baik di awal tahun 2020, UMKM di Indonesia kembali diuji dengan munculnya wabah Covid-19 ditengah masyarakat Indonesia. Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM tercatat 37.000 pelaku melapor terdampak oleh Pandemi Covid-19. Dari data laporan tersebut, sebanyak 56 persen UMKM melapor karena terjadi penurunan penjualan, 22 persen mengaku kesulitan permodalan, 15 persen melapor terjadi distribusi yang terhambat, dan 4 persen melaporkan kesulitan bahan baku. Selain itu covid ini juga mewabah di Kota Banjarbaru Kalimantan Selatan yang mengakibatkan diberlakukannya PSBB di kota ini. Pemberlakuan PSBB ini tentunya memberikan dampak yang cukup signifikan terhadap sektor UMKM terutama bagi UMKM yang belum go digital. UMKM yang belum mengenal penjualan lewat daring biasanya kehilangan pangsa pasarnya dan omset menurun tajam. Dengan adanya pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk pemberian pelatihan Penggunaan Media Sosial dan Aplikasi Belanja Online Kepada UMKM di Kota Banjarbaru ini diharapkan para pelaku UMKM yang selama ini belum mengenal penjualan secara daring dan mengalami penurunan penjualan dimasa wabah pandemi ini bisa kembali produktif dan tetap mendapatkan peluang dari pasarnya.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

impact

Publisher

Subject

Humanities Other

Description

Jurnal Impact (Implementation and Action) merupakan sebuah jurnal yang berisi kumpulan artikel tentang kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Jurnal Impact diterbitkan oleh P3M Politeknik Negeri Banjarmasin untuk mempublikasikan kegiatan-kegiatan pengabdian kepada masyarakat di lingkungan Perguruan ...