GEOGRAFI
Vol 1, No 1 (2013)

Pengaruh Metode Inquiry Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Geografi

Mulyono, Mulyono ( IKIP Veteran Semarang)



Article Info

Publish Date
02 May 2014

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah ada pengaruh metode inquiry terhadap prestasi siswa dalam pelajaran Geografi kelas VII SMP PGRI I Ulujami Pemalang Tahun 2011-2012?”. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa metode inquiry dapat mempengaruhi prestasi belajar geografi siswa kelas VII SMP PGRI I Ulujami Pemalang. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII SMP PGRI I Ulujami Pemalang yang terdiri dari 20 siswa putra dan 10 siswa putri. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan prosentase dari siklus II. Pada Siklus I diketahui keaktifan siswa memperoleh rata-rata 72,6, nilai dalam sekor 3 – 5 yang berarti siswa cukup aktif dan prosentase aktif guru sebesar 70% yang berarti kurang memuaskan. Ini mengakibatkan hasil akhir siklus I ketuntasan siswa belum mencapai indikator ketuntasan belajar secara klasikal. Pada siklus II siswa lebih aktif dibandingkan dengan siklus I karena rata-rata 77,3 dengan kriteria yang sangat baik. Aktifitas guru menjadi lebih baik dan memperoleh prosentase sebesar 82% yang berarti baik sekali. Dan berarti telah mencapai indikator keberhasilan belajar secara klasikal. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan, (1) Lembar observasi siswa yang diperoleh hasil kinerja siswa baru mencapai 70% pada siklus I, pada siklus II meningkat menjadi 83%, (2) Lembar observasi guru yang diperoleh hasil kinerja guru mencapai 70% pada siklus I, dan pada siklus II meningkat menjadi 82%, (3) Menggunakan tes, yang diperoleh hasil rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 72,6 dengan ketuntasan belajar klasikal 70% (21 siswa) pada siklus II mencapai 77,3 dengan ketuntasan belajar klasikal 83% (25 siswa). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa, keaktifan, inisiatif, kerjasama dan juga peningkatan prestasi dalam belajar geografi dapat ditingkatkan dengan menggunakan metode inquiry. Metode inquiry layak digunakan sebagai metode pembelajaran yang mampu meningkatkan prestasi siswa dalam proses belajar pembelajaran khususnya pelajaran Geografi. Oleh karena itu disarankan guru dapa tmencoba metode Inquiry ini. I Kata Kunci : metode inquiry, hasil belajar, geografi

Copyrights © 2013