Jurnal Pendidikan Guru (JPG)
Vol 3, No 1 (2022): JPG: Jurnal Pendidikan Guru

PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI TENTANG KINGDOM PROTISTA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF LEARNING TIPE JIGSAW DI KELAS X MIPA 3 SMAN 2 BOGOR

RR Sri Eko Hariah A. (SMAN 2 Bogor)



Article Info

Publish Date
29 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui hasil belajar peserta didik pada pelajaran Biologi tentang sKingdom Protista melalui Model Pembelajaran Cooperatif Learning Tipe Jigsaw, (2) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar dan (3) meningkatkan ketuntasan belajar. Hasil pelaksanaan Model Pembelajaran Cooperatif Learning Tipe Jigsaw siklus 2 dibandingkan dengan siklus 1 pada penelitian tindakan ini menunjukan hasil yang meningkat. Nilai rata rata siswa meningkat dari 77  menjadi 83 sedangkan persentase ketuntasan belajar peserta didik  meningkat sebesar 17 % dari 78 % menjadi 95 % dimana sebanyak  34  anak dari 36 peserta didik nilainya sudah tuntas.  Dalam  pembelajaran keaktifan  dan keterlibatan peserta didik menunjukan peningkatan dibandinkan dari kondisi awal ,  siklus I mengalami skor keaktifan peserta didik meningkat dari 78% menjadi 90% Dilihat dari kompetensi pedagogik guru menunjukan peningkatan ketrampilan guru dalam pelaksanaan pembelajaran peserta didik yang lebih efektif dibandingkan dengan siklus sebelumnya. Dari hasil uraian di atas peneliti menyimpulkan bahwa dengan Model Pembelajaran Cooperatif Learning Tipe Jigsaw dapat menjadi variasi pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik sehingga terbukti meningkatkan hasil belajar  pada  setiap siklus.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpg

Publisher

Subject

Other

Description

Merupakan Jurnal Pendidikan yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Ibn Khaldun Bogor. Ruang lingkup meliputi penelitian para guru terkait ...