Jurnal Pendidikan Guru (JPG)
Vol 3, No 1 (2022): JPG: Jurnal Pendidikan Guru

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA PERSAMAAN DAN FUNGSI KUADRAT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI KELAS XI TIA SMKN 2 BOGOR

Supardi Supardi (SMK Negeri 2 Kota Bogor)



Article Info

Publish Date
29 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bertujuan (1) untuk mengetahui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik tentang Persamaan dan Fungsi Kuadrat di kelas XI TIA SMK  Negeri 2  Kota Bogor. (2) untuk menggambarkan proses peningkatan hasil belajar peserta didik tentang Persamaan dan Fungsi Kuadrat di kelas XI TIA SMK  Negeri 2  Kota Bogor.(3) untuk mengukur besarnya peningkatan hasil belajar peserta didik tentang Persamaan dan Fungsi Kuadrat di kelas XI TIA SMK  Negeri 2  Kota Bogor. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat menjadi variasi pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik sehingga terbukti meningkatkan hasil belajar peserta didik di Kelas XI TIA SMK  Negeri 2 Kota Bogor. Sebelum menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) hasil belajar peserta didik hanya mencapai nilai rata-rata 58,71 kemudian terjadi peningkatan setelah menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) menjadi 79,57 pada siklus 1 dan 84,86 pada siklus 2, sehingga Penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang disesuaikan dengan  materi pembelajaran dapat menciptakan situasi belajar yang menyenangkan sehingga terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpg

Publisher

Subject

Other

Description

Merupakan Jurnal Pendidikan yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Ibn Khaldun Bogor. Ruang lingkup meliputi penelitian para guru terkait ...