Jurnal Pendidikan Guru (JPG)
Vol 3, No 1 (2022): JPG: Jurnal Pendidikan Guru

PENERAPAN METODE TUGAS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN MEMPERBAIKI SISTEM REM TENTANG CARA KERJA SISTEM REM CAKRAM PADA MOBIL DI KELAS XI OB SMKN 2 BOGOR

Agus Suherman (SMK Negeri 2 Kota Bogor)



Article Info

Publish Date
29 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan : 1) Untuk mengetahui Metode Tugas Proyek  dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik tentang Cara Kerja Sistem Rem Cakram Pada Mobil di kelas XI OB semester 3 Tahun Pelajaran 2021-2022 SMK Negeri 2 Kota Bogor, 2) Untuk menggambarkan  proses peningkatkan hasil belajar peserta didik tentang Cara Kerja Sistem Rem Cakram Pada Mobil sebelum dan sesudah menggunakan Metode Tugas Proyek  di kelas XI OB semester 3 Tahun Pelajaran 2021-2022 SMK Negeri 2 Kota Bogor, 3) Untuk mengukur besarnya peningkatan hasil belajar peserta didik tentang Cara Kerja Sistem Rem Cakram Pada Mobil setelah menggunakan menggunakan Metode Tugas Proyek  di kelas XI OB Semester 3 Tahun Pelajaran 2021-2022 SMK Negeri 2 Kota Bogor. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan menggunakan Metode Tugas Proyek membuat peserta didik tidak bosan dan jenuh sebaliknya merasa senang sehingga aktivitas belajar mereka meningkat. Hal ini terbukti pada siklus I ada 55,55% atau 20 peserta didik yang aktif, 22,22% atau 8 peserta didik yang cukup aktif dan 22,22% atau 8 peserta didik yang kurang aktif pada saat pembelajaran. Setelah guru memperbaiki hasil refleksi pada siklus I maka pada siklus II didapat 77,77% atau 28 peserta didik aktif pada saat pembelajaran dan 22,22% atau 8 peserta tidak yang cukup aktif pada saat pembelajaran serta 0,00% atau tidak ada peserta didik yang tidak aktif pada saat pembelajaran. Hal tersebut berpengaruh terhadap hasil belajar yang dicapai peserta didik. Pembelajaran ini  dapat meningkatan hasil belajar pesertsa didik pada tentang Cara Kerja Sistem Rem Cakram Pada Mobil di kelas XI OB SMK Negeri 2 Bogor dengan menggunakan metode Tugas Proyek.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpg

Publisher

Subject

Other

Description

Merupakan Jurnal Pendidikan yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Ibn Khaldun Bogor. Ruang lingkup meliputi penelitian para guru terkait ...