Sumba Journal of Research and Mathematics Education
Vol. 3 No. 2 (2021)

Malo Optimalisasi Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning

Virginia Videlince Wini Malo (Pendidikan Matematika, STKIP Weetebula)
Dekriati Ate (Pendidikan Matematika, STKIP Weetebula)
Samuel Rex M. Making (Pendidikan Matematika, STKIP Weetebula)



Article Info

Publish Date
10 Feb 2022

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui optimalisasi kemampuan penalaran matematis siswa setelah menggunakan penerapan model discovery learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat studi pustaka (library research) yang menggunakan jurnal dan sumber-sumber lainnya sebagai objek yang utama. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah mengumpulkan jurnal dan skripsi yang sudah terdaftar dan sah melalui koneksi internet kemudian  dikaji. Berdasarkan hasil penelitian studi literatur dari beberapa jurnal dan skripsi yang relevan dengan judul, menyatakan bahwa kemampuan penalaran mempunyai hubungan yang erat dengan model discovery learning karena untuk menyelesaikan permasalahan matematika dibutuhkan suatu proses yang mendukung siswa sehingga dapat menyimpulkan dan mendapatkan pemahaman baru tentang materi yang dipelajari. Kata Kunci: Kemampuan Penalaran, Discovery Learning.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jppms

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Sumba (JPPMS) |p-ISSN : 2714-8939 , e-ISSN : 2714-8947| merupakan wahana bagi para peneliti khususnya dibidang pendidikan matematika dalam mengembangkan teknologi pendidikan dan teori-teori pendidikannya khususnya dibidang matematika. Jurnal ini diterbitkan ...