Journal of Economics and Business UBS
Vol. 10 No. 2 (2021): Journal of Economics & Business UBS

Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Nasabah di Pt Bank Central Asia TBK KCU Kelapa Gading Jakarta Utara

Alfonsus B. Say (STIE Unisadhuguna Jakarta Indonesia)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2021

Abstract

Pendahuluan: Saat ini kepuasan nasabah menjadi fokus perhatian oleh hampir semua pihak, baik pemerintah, pelaku bisnis, konsumen dan sebagainya. Hal ini disebabkan semakin baiknya pemahaman mereka atas konsep kepuasan nasabah sebagai strategi untuk memenangkan persaingan di dunia bisnis. Kepuasan nasabah merupakan hal yang penting bagi penyelenggara jasa. Tujuan: Penelitian? ?ini? ?bertujuan? ?untuk? ?mengetahui? ?apakah? ada? ?pengaruh? ?kualitas? ?pelayanan? ?dan? ?fasilitas? ?terhadap? ?kepuasan? ?nasabah? ?pada? ?PT? Bank? ?Central? ?Asia? ?Tbk? ?KCU? ?Kelapa? ?Gading? ?Jakarta? ?Utara.? ?Penelitian? ?ini? ?dilakukan? pada? ?bulan? ?Januari? ?2021? ?melalui? ?bantuan? ?google? ?form? ?(kuesioner? ?online).? ?Populasi? dalam? ?penelitian? ?ini? ?adalah?? konsumen? ?Bank? ?Central??Asia? ?cabang? ?KCU? ?Kelapa? ?Gading? ?Jakarta? ?Utara.? ?Pengambilan? ?sampel? ?menggunakan? ?teknik? ?non-probability? sampling.? ?Sampel? ?yang? ?digunakan? ?dalam? ?penelitian? ?ini? ?adalah? ?sampel? ?jenuh.? ?Seluruh? populasi? ?sebanyak? ?100? ?orang? ?diambil? ?sebagai? ?sampel? ?dalam? ?penelitian? ?ini.? Metode: ?Metode? pengujian? ?instrumen? yang? ?digunakan? ?adalah? ?uji? ?validitas? ?dan? ?uji? ?reliabilitas.? ?Teknik? analisis? ?data? ?yang? ?digunakan? ?adalah? ?teknik? ?deskriptif? ?kuantitatif,? ?analisis? ?regresi? linier? ?berganda,? ?uji? ?t,? ?uji? ?f.? Hasil: Hasil? ?penelitian? ?menunjukkan? ?bahwa? ?terdapat? ?pengaruh? kualitas? ?pelayanan? ?dan? ?fasilitas? ?terhadap? ?kepuasan? ?pelanggan?. Kesimpulan: Berdasarkan hasil penelitian maka diperoleh kesimpulan bahwa variabel kualitas layanan memengaruhi kepuasan nasabah PT Bank Central Asia Tbk KCU Kelapa Gading Jakarta Utara. Hal ini ditunjukkan melalui nilai t hitung variable   fasilitas yaitu sebesar 5,809 lebih  besar dari t table 1,984. Variabel Fasilitas memengaruhi kepuasan nasabah PT Bank Central Asia Tbk KCU Kelapa Gading Jakarta Utara. Hal ini ditunjukkan melalui nilai t hitung variable   layanan yaitu sebesar 3,511 lebih  besar  dari  t  table 1,984. Variabel kualitas pelayanan dan fasilitas secara simultan memengaruhi kepuasan nasabah PT Bank Central Asia Tbk KCU Kelapa Gading Jakarta Utara. Dengan nilai sig 0,000<0,050 dan nilai F hitung 58,566 > 3,09 F tabel.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

joeb

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Journal of Economics & Business UBS adalah jurnal yang diterbitkan sebulan sekali oleh STIE UniSadhuGuna. Jurnal Indonesia Sosial Sains akan menerbitkan artikel ilmiah dalam lingkup ilmu sosial dan ekonomi. Artikel yang diterbitkan adalah artikel dari penelitian, studi atau studi ilmiah kritis dan ...