Jurnal Cahaya Mandalika
Vol. 2 No. 3: Jurnal Cahaya Mandalika

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN CAROUSEL FEEDBACK UNTUK HASIL BELAJAR SISWA

Siti Arafat (Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Flores)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2021

Abstract

Hasil observasi awal yang dilakukan peneliti di SDI Ende16 Ende terhadap proses pembelajaran IPS menunjukkan bahwa proses pembelajaran masih didominasi oleh guru. Hal ini berdampak pada efikasi diri dan hasil belajar siswa yang rendah. Ketika proses pembelajaran berlangsung siswa terlihat kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran, malu mengungkapkan pendapat, serta kurang percaya diri dalam mengerjakan tugas yang diberikan guru. Oleh karena itu diperlukan upaya perbaikan, yaitu dengan penerapan model carousel feedback. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes, dokumentasi, dan catatan lapangan. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran carousel feedback dapat meningkatkan hasil belajar. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, dilihat dari persentase ketuntasan klasikal yaitu 65% pada siklus I menjadi 100% pada siklus II.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JCM

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

This journal is a means of scientific publication to develop knowledge and information. This journal specifically contains the results of research carried out in all scientific fields. Apart from publishing research results, this journal also accepts manuscripts from literature reviews and other ...