Eksponen
Vol. 11 No. 2 (2021): Eksponen: Volume 11 Nomor 2 September 2021

PENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR PAI MATERI PERKEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN PADA MASA ABASIYAH MELALUI PEMANFAATAN ALAT PERAGA TeTeS TeLOr BAGI SISWA KELAS XI MIPA 2 SMA NEGERI 1 ABUNGSEMULI PADA SEMESTER 2 TAHUN AJARAN 2019/2020

Addip Faricha (a:1:{s:5:"en_US"
s:38:"SMA Negeri 1 Abungsemuli Lampung Utara"
})



Article Info

Publish Date
29 Sep 2021

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar PAI materi perkembangan ilmu pengetahuan pada masa Abasiyah bagi siswa kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 1 Abungsemuli pada semester 2 Tahun 2019-2020. Penelitain ini dilaksanakan selama 6 bulan yakni dari bulan Januari 2020 sampai dengan bulan Juni 2020 dari penyusunan proposal, penyusunan istrumen, pengumpulan data, Melaksanakan Tindakan Kelas, pengolahan dan analisis nilai, sampai penyusunan laporan. tempat penelitian ini di SMA Negeri 1 Abungsemuli. Sedangkan subjek penelitan adalah siswa kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 1 Abungsemuli pada semester 2 tahun 2019-2020 yang berjumlah 25 orang siswa. Sedangkan teknik pengumpulan data yang dilaksanakan pada awalnya mengadakan pengambilan data pada daftar nilai semester yang lalu tentang hasil belajar sejarah Islam, kemudian melaksanakan 2 kali siklus, adapun masing–masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi, kemudian masing-masing siklus setelah diadakan pembahasan dan pelaksanaannya selama proses pembelajaran, kemudian diakhiri dengan tes tertulis, kemudian nilai hasil belajar tersebut dianalisa dan direfleksi untuk mengetahui keberhasilan tujuan penelitian sesuai yang telah dirumuskan.Selanjutnya menurut teori empirik yakni hasil tindakan yang peneliti laksanakan yaitu dengan melihat nilai pada kondisi awal nilai rata-rata 55.68, sedang setelah dilaksanakan tindakan pada siklus pertama meningkat menjadi 66.24. ini mengalami peningkatan yang sangat berarti, yakni 5.88%, sedangkan pada siklus kedua mencapai nilai rata–rata 75.12, dibandingkan dengan siklus pertama mengalami kenaikan sebesar 5.88% pula.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

eksponen

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Eksponen (E-ISSN:2657-1552 and E-ISSN: 2085-966X) has been published since 2009 by the Department of Mathematics Education in collaboration with LPPM, Muhammadiyah University, Kotabumi. The journal has regularly published two times a year in April and September. This journal publishes original ...