Abstrak. Berpikir kritis merupakan kemampuan yang sangat diperlukan dalam dunia kerja. Mahasiswa fakultas psikologi UNM melakukan pengabdian program Kuliah Kerja Profesi (KKP) di PT. Pelabuhan Indonesia (Persero) cabang Makassar New Port yang bertujuan untuk melihat gap pada karyawan sesuai dengan permintaan Asisten Manager SDM, berdasarkan hasil survei yang telah dilakukan diketahui bahwa aspek yang rendah adalah thingking. Untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada karyawan outsourching Makassar New Port, maka peneliti melakukan sosialisasi dengan menggunakan media spanduk baik secara online maupun offline. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, survei, dan sosialisasi. Alat ukur yang digunakan untuk menganalisis karakteristik minat bakat karyawan yaitu teori gallup. Jumlah responden yang mengisi survei yaitu sebanyak 179 orang. Sosialisasi bertujuan untuk memberikan pemahaman terkait pentingnya berpikir kritis dan cara meningkatkannya. Sosialisasi dilaksanakan dengan menggunakan spanduk. Hasil dari kegiatan ini memperoleh respon yang positif dari karyawan di lokasi KKP.Kata kunci: Berpikir kritis, karyawan, sosialisasi.
Copyrights © 2021