PLAKAT : Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat
Vol 3, No 2 (2021): Volume 3, Nomor 2 Desember Tahun 2021

Pemanfaatan Digital Marketing Dalam Memasarkan Produk di Masa Pandemi Covid-19

Arwin Sanjaya (Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman)
Lisvia Lisvia (Ilmu Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman)
Fajar Lutfi Nursandy (Manajemen Pemasaran, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mulawarman)
Yolanda Syifa Nurlita (Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Mulawarman)



Article Info

Publish Date
22 Nov 2021

Abstract

Era Revolusi Industri 4.0 membawa dampak positif untuk bangsa terutama bagi para pelaku usaha. Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi mulai merambah ke bidang digital marketing. Sosial media adalah salah satu bentuk alat digital marketing yang dapat digunakan oleh UMKM dalam memperluas pangsa pasarnya ditengah pandemi covid-19. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang bertujuan untuk memberikan pendampingan kepada UMKM Kopitan yang berada di Samarinda dalam memperbaharui strategi pemasaran berbasis internet selama pandemi covid-19 berlangsung. Metode pelaksanaan yang digunakan adalah dengan memanfaatkan sosial media instagram. Instagram dianggap sebagai sosial media yang sangat berpengaruh dalam dunia bisnis saat ini, dengan memanfaatkan fitur instagram ads diharapkan dapat menarik lebih banyak konsumen khususnya yang berada disekitar kota Samarinda untuk berkunjung ke beranda instagram Kopitan. Selain instagram, metode lain yang digunakan yaitu pemanfaatan website qrmonkey dalam pembuatan katalog menu digital dan Go-food serta Google Maps yang digunakan dalam pembaharuan konten untuk menunjang pemasaran produk. Hasil kegiatan kegiatan ini membuat UMKM Kopitan dapat memanfaatkan sosial media secara optimal dalam memasarkan produknya. The industrial revolution 4.0 brought a positive impact on the nation, especially for businesspeople. The utilization of information and communication technology has begun to penetrate the field of digital marketing. Social media is one of digital marketing tools that can be used by MSMEs in expanding their market during the Covid-19 pandemic. Community service activities carried out by the KKN 127 aim to aid Kopitan MSMEs in Samarinda city for updating internet-based marketing strategies during the Covid-19 pandemic. The method used is social media Instagram. Instagram is considered a very influential social media in global business, by utilizing the instagram ads future expected to attract more consumers especially those around of Samarinda city to visit Kopitan’s Instagram homepage. In additions to Instagram, another method used are the qrmonkey website for making digital menu catalogs, Go-food and Google Maps which are used for updating content to support product marketing. The implementation of service activities, Kopitan MSME actors will be able to optimally utilize social media for developing their product marketing.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

plakat

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

PLAKAT : JURNAL PELAYANAN KEPADA MASYARAKAT is a multidisciplinary scientific journal of social and political science that presents the implementation of science and technology in solving problems in society. This journal contains the publication of the results of community service activities, ...