JPS
Volume VII, No 2, November 2021

PENGARUH POLA BIMBINGAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MASA PANDEMIC COVID 19 KELAS VIII SMP NEGERI 4 BAUBAU

AMALUDDIN (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Feb 2022

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pola bimbingan orang tua terhadap prestasi belajar siswa pada masa pandemic covid 19 kelas VIII SMP Negeri 4 Baubau. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh pola bimbingan orang tua terhadap prestasi belajar siswa pada masa pandemic covid 19 kelas VIII SMP Negeri 4 Baubau. penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis penelitian korelasional. Populasi yang dimaksud dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII pada sekolah SMP Negeri 4 Baubau sebanyak Orang 345 orang.Sampel penelitian ini dengan menggunakan teknik trandom sampling atau sampel acak kelas VIII dengan jumlah 109 orang siswa. Instrument dan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini observasi, angket, dan dokumen Hasil penelitian adalah 1) hasil rumus product moment.( r) sebesar 0,67. 2) nilai determinasinya ( r² ) sebesar 44,89 yang di bulatkan 45 % dan selebihnya yang 55% dipengaruhi oleh faktor lain. 3) Uji t ( t-hitung ) sebesar 9,335. 4) Nilai rata-rata / mean yaitu 65,05, nilai median adalah data nilai urutan ke – 55 yaitu 66 dan nilai modus adalah 66. 5) Uji Validitas 0,992, dan 6) uji uji reiabilitas instrument variabel X di dapatkan hasil r11 = 0,891. Hal ini menujukkan bahwa tingkat reliabilitas instrument termasuk sangat tinggi dapat di simpulkan bahwa Ada Pengaruh pola bimbingan orang tua terhadap prestasi belajar siswa pada masa pandemic covid 19 kelas VIII SMP Negeri 4 Baubau. maka dapat di simpulkan bahwa ada Pengaruh pola bimbingan orang tua terhadap prestasi belajar siswa pada masa pandemic covid 19 kelas VIII SMP Negeri 4 Baubau. r table dengan memperhatikan besarnya = 0,67 yang berkisar antara 0.600 - 0,799berarti ada korelasi antara variabel X dan variabel Y dan itu termasuk kerelasi positif yang tinggi

Copyrights © 2021






Journal Info
JPS

Abbrev

sejarah

Publisher

Subject

Arts Library & Information Science Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan Sejarah FKIP Unidayan mengkaji berbagai hal diantaranya kajian tentang kebudayaan, sejarah, dan penelitian tindakan kelas. Lembaga Jurnal Pendidikan Sejarah FKIP Unidayan terbit dua nomor dalam satu tahun (Mei dan November). Redaksi menerima dari staf pengajar (guru dan dosen), ...