Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi
Vol 2, No 4 (2021): Volume 2 No. 4 Desember 2021

Sistem Customer Relationship Management Dalam Upaya Peningkatan Loyalitas Dan Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus: Dealer Yamaha Yukum Jaya)

Aulia Gustika (Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Teknokrat Indonesia)
Muhammad Najib Dwi Satria (Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Teknokrat Indonesia)
Muhtad Fadly (Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Teknokrat Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2021

Abstract

AbstrakPerusahaan Dealer Yamaha Yukum Jaya yang berlokasi di daerah Lampung Tengah. Perusahaan tersebut telah berdiri sejak tahun 2017 dan telah menjadi salah satu dealer yang memiliki pelayan baik kepada pelangganya. Berdasarkan hasil observasi dan data yang telah dikumpulkan pada perusahaan tersebut, dirasa masih belum secara optimal menerapkan strategi untuk mempertahankan pelanggan dengan pemanfaatan teknologi informasi. Infomasi ketersediaan sparepart saat ini hanya diketahui oleh perusahaan saja, hal ini dirasa kurang efektif dimana pelanggan tidak dapat mengetahui informasi sparepart yang diinginkan. Belum tersedianya pelayanan booking service secara online berdampak pada waktu tunggu pelanggan pada saat ingin melakukan perbaikan kendaraan, sehingga perusahaan perlu membuat inovasi baru terkait pelayanan dan informasi yang dapat nantinya dapat diakses secara mudah oleh pelanggan dengan tujuan untuk meningkatkan hubungan oleh pelanggan kepada perusahaan. Metode yang digunakan yaitu extreme programming dengan penerapan konsep Customer Relationship Management dalam upaya meningkatkan loyalitas pelanggan yang dapat diakses secara online dengan teknologi internet.  Proses membangun sistem Customer Relationship Management dilakukan dengan melalui tahapan seperti Business Report yaitu laporan yang dihasilkan dari sistem yang akan dibangun seperti laporan data servis kendaraan dan informasi hasil penilaian. Informasi rating kepuasan pelanggan yang disediakan untuk pelanggan pada saat selesai proses servis kendaraan dilakukan. Proses meningkatkan loyalitas pelanggan dengan membangun sistem yang dibangun dapat diakses secara online melalui website berupa fitur pelayanan servis dan informasi sparepartKata kunci: Sistem, Customer Relationship Management, Peningkatan Loyalitas, Kepuasan Pelanggan

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

sisteminformasi

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Decision Sciences, Operations Research & Management Environmental Science Social Sciences

Description

Data and Information Management Conceptual Data Model Data and Database Administration Database Management Systems Database Systems File Organizations Techniques Information Management Concepts Logical Data Model Physical Data Model Security Database Physical Data Storage Concepts Query Languages ...