An-Nuha : Jurnal Pendidikan Islam
Vol 1 No 4 (2021): Islamic Education

Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai-Nilai Kejujuran

Viviana Fahira (Universitas Negeri Padang)
Rengga Satria (Universitas Negeri Padang)
Ageng Priadi (SMKN 1 Karimun)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran PAI dalam menanamkan nilai-nilai Kejujuran siswa di SMPN 2 Kota Solok, peran pendidikan Islam sangat dibutuhkan dalam menanamkan nilai-nilai kejujuran, dimana menjadi era yang penuh tantangan dihadapi oleh para siswa saat ini, para siswa menjadi bingung dan bertanya-tanya mereka harus melakukan apa dan bagimana harus bersikap. Melalui Pendidikan Agama Islam siswa-siswa dapat memiliki bekal untuk memiliki karakter jujur dalam kehidupan sehari-hari. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif, sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber data premier dan sumber data sekunder, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis dalam penelitian menggunakan analisis data dari Sugiono. Penganalisisan data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk pengabsahan data peneliti menggunakan triangulasi dari sumber yang berbeda. Hasil dari penelitian ini bahwa guru PAI mempunyai peran yang penting untuk menanamkan nilai-nilai kejujuran pada peserta didik dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

annuha

Publisher

Subject

Religion Social Sciences Other

Description

Teaching Education Development Islamic Education Material Learning Models and Strategies Curriculum Philosophy of Islamic Education Politics of Islamic Education History of Islamic Education Educators and ...