An-Nuha : Jurnal Pendidikan Islam
Vol 1 No 4 (2021): Islamic Education

Implementasi Metode Qira’ati dalam Pembelajaran Ilmu Tajwid

Nur Ainun (Universitas Negeri Padang)
Ahmad Kosasih (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode qira’ati dalam pembelajran ilmu tajwid di TPQ Muhammadiyah Sontang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dan metode yang dipakai adalah metode kualitataif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa implementasi metode qira’ati dalam pembelajaran ilmu tajwid di TPQ Muhammadiyah Sontang adalah metode membaca Alquran yang langsung memasukkan dan mempraktekkan bacaan tartil sesuai dengan kaidah ilmu tajwid yang baik dan benar, tidak mengeja, akan tetapi langsung membaca bunyi huruf yang ada pada Alquran. Faktor penghambat dalam mengimplementasikan metode qira’ati antara lain tidak adanya motivasi dari guru itu sendiri sehingga menyebabkan kurangnya semangat dalam menerapkan metode tersebut, ketidak seriusan santri dalam belajar ilmu tajwid, kurang memadainya sarana dan prasaran di TPQ Muhammadiyah sontang. Faktor pendukung dalam mengimplementsikan metode qira’ati adalah tergantung pada niat santri itu sendiri, dukungan dari keluarga khususnya orang tua serta adanya dukungan dari pihak TPQ seperti kepala dan pengurus TPQ.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

annuha

Publisher

Subject

Religion Social Sciences Other

Description

Teaching Education Development Islamic Education Material Learning Models and Strategies Curriculum Philosophy of Islamic Education Politics of Islamic Education History of Islamic Education Educators and ...