AGRISCIENCE
Vol 1, No 3: Maret 2021

PENDAPATAN DAN NILAI TAMBAH PENGOLAHAN BANDENG PADA HOME INDUSTRI LA PRIMARASA DI DESA BALUN KECAMATAN TURI KABUPATEN LAMONGAN

kholisatul farizah (Universitas Trunojoyo Madura)
Fuad Hasan (Universitas Trunojoyo Madura)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2021

Abstract

ABSTRAKIkan bandeng merupakan komoditas andalan yang tepat untuk dijadikan pengembangan budidaya air payau maupun air tawar, selain untuk dibudidayakan ikan bandeng dapat dijadikan peluang usaha lainnya seperti pengolahan bandeng menjadi otak-otak bandeng dan abon bandeng. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pendapatan yang di peroleh dari pengolahan ikan bandeng, 2) menganalisis nilai tambah pengolahan ikan bandeng menjadi otak-otak bandeng dan abon bandeng. Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari - Maret 2020 di home industri La Primarasa berlokasi di desa balun kecamatan turi kabupaten lamongan. Hasil analisis menunjukan total biaya yang digunakan untuk pengolahan bandeng menjadi otak-otak bandeng dan abon bandeng sebesar Rp28.337.556. Pendapatan yang di terima home industri La Primarasa dari hasil penjualan otak-otak bandeng dan abon bandeng sebesar Rp14.017.000 dalam satu bulan. Hasil perhitungan R/C ratio dari pengolahan bandeng sebesar 1,50% yang berarti usaha pengolahan bandeng La Primarasa layak untuk dijalankan. Pengolahan bandeng menjadi otak-otak bandeng di Desa Balun Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan menghasilkan nilai tambah sebesar Rp24.487/kg per bahan baku. Sedangkan  nilai tambah yang dihasilkan untuk abon bandeng sebesar Rp36.962/kg per bahan baku.Kata Kunci : Bandeng, Pendapatan, Nilai Tambah, Home Industri La Primarasa

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

agriscience

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

This journal encompasses original research articles, review articles, and short communications, including: Agribusiness, Agriculture Economics, Social Science, Rural Development, Rural Sociology, Risk Management, Agriculture Extension, Financial Management, Marketing Management, Human Resource ...