AGRISCIENCE
Vol 2, No 2: November 2021

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Kopi pada Kedai Sehari Sekopi Sidoarjo

Alvia Trisdiana Sudarsono (Unknown)
Mokh. Rum (Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Trunojoyo Madura)



Article Info

Publish Date
23 Dec 2021

Abstract

Perubahan gaya hidup ditengah masyarakat menyebabkan peningkatan dalam tren mengonsumsi kopi sehingga menjadikan peluang bagi pelaku usaha kedai kopi. Banyaknya kedai kopi tersebut menyebabkan persaingan yang ketat antar kedai kopi. Penelitian berikut bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya hidup terhadap pembelian kopi pada Sehari Sekopi Sidoarjo. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif, uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik serta analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada uji asumsi klasik yang meliputi a) uji normalitas, nilai residual/penggunaan variabel terdistribusi normal, b) uji multikolinieritas, seluruh variabel pengalaman, kepribadian, motif, kelompok referensi dan kelas soisal tidak berkorelasi antara satu sama lain, c) uji heteroskedastisitas, seluruh variabel (keputusan pembelian, pengalaman, kepribadian, motif, kelompok referensi dan kelas soisal) pada model regresi tidak menimbulkan variance antara pengamatan satu dengan yang lain. Keputusan pembelian kopi pada Sehari Sekopi Sidoarjo secara signifikan dipengaruhi oleh pengalaman, kepribadian, motif, kelompok referensi dan kelas sosial. Secara parsial, faktor yang berpengaruh secara signifikan yaitu pengalaman, motif dan kelas sosial.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

agriscience

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

This journal encompasses original research articles, review articles, and short communications, including: Agribusiness, Agriculture Economics, Social Science, Rural Development, Rural Sociology, Risk Management, Agriculture Extension, Financial Management, Marketing Management, Human Resource ...