JAM : Jurnal Aplikasi Manajemen
Vol. 10 No. 1 (2012)

Pengaruh Kualitas Layanan dan Citra Institusi terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan (Studi pada Universitas Muhammadiyah di Jawa Timur)

Qomariah, Nurul (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variabel kualitas layanan, citra institusi dan nilai-nilai ke-Islaman terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan pada Universitas Muhammaddiyah di Jawa Timur. Populasi dalam penelitian ini addalah seluruh mahasiswa Universitas Muhammadiyah di Jawa Timur sebanyak 46.479 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel adalah proportional random sampling. Responden yang digunakan sebanyak 400 mahasiswa. Analisis yang digunakan adalah structural equation mode l(SEM) dengan bantuan AMOS 18. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan dan loyalitas mahasiswa. Variabel citra institusi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan mahasiswa tetapi tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas mahasiswa. Variabel nilai-nilai ke-Islaman berpengaruh signifikan terhadap kepuasan mahasiswa tetapi tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas mahasiswa. Variabel kepuasan mahasiswa berpengaruh signifikan terhadap loyalitas mahasiswa.Kata kunci: kualitas layanan, citra institusi, nilai-nilai Islam, kepuasan pelanggan, and loyalitas pelanggan

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

jam

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Jurnal Aplikasi Manajemen - Journal of Applied Management (JAM) publishes all forms of quantitative and qualitative research articles and other scientific studies related to the field of functional management (marketing, finance, human resources, and operations) as well as the applied management and ...