Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan daya dan torsi sepeda motor Supra Fit berbahan bakar LPG antara waktu pengapian standar dengan waktu pengapian yang dimajukan, rasio kompresi standar dengan rasio kompresi yang ditingkatkan, serta kondisi standar dengan kondisi waktu pengapian yang dimajukan dan rasio kompresi yang ditingkatkan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen, yaitu dengan menguji daya dan torsi sepeda motor berbahan bakar LPG pada dynotester. Waktu pengapian standar adalah 15° BTDC, sedangkan waktu pengapian yang dimajukan adalah 18° dan 21° BTDC. Rasio kompresi standar adalah 8,8: 1, sedangkan rasio kompresi yang ditingkatkan adalah 9,3: 1 dan 9,8: 1.Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan daya dan torsi ketika waktu pengapian standar dimajukan menjadi 18° dan 21° BTDC, dan ketika rasio kompresi standar ditingkatkan menjadi 9,3: 1 dan 9,8: 1. Daya dan torsi juga mengalami peningkatan ketika rasio kompresi 9,3: 1 dengan waktu pengapian 18° dan 21° BTDC dibandingkan dengan kondisi standar, namun mengalami penurunan ketika rasio kompresi 9,8:1 dengan waktu pengapian 18° dan 21° BTDC.
Copyrights © 2017