Journal of Technology and Informatics (JoTI)
Vol. 3 No. 1 (2021): Vol.3 No.1 (2021)

Algoritma K-Means untuk Mengukur Kepuasan Mahasiswa Menggunakan E-Learning

Ratri Enggar Pawening (Universitas Nurul Jadid)



Article Info

Publish Date
28 Oct 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kepuasan mahasiswa terhadap pembelajaran daring di Fakultas Teknik Universitas Nurul Jadid. Pandemi COVID-19 mengakibatkan disrupsi atau perubahan besar dalam proses pembelajaran. Fakultas Teknik Universitas Nurul Jadid. Pembelajaran yang dilakukan secara daring memberikan dampak perubahan perilaku dan juga cara mengajar. Hal ini juga berdampak pada tingkat efektifitas dan kepuasan mahasiswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif menggunakan K-Means Clustering. Hasil penelititian menunjukkan derajat kepuasan mahasiswa dalam proses belajar mengajar mengalami peningkatan namun tidak signifikan. Hal ini ditunjukkan dengan prosentase respon mahasiswa terhadap penyelenggaraan pembelajaran daring sebesar 80%. Selebihnya menyatakan cukup puas, dan 7% menyatakan kurang puas dan tidak puas.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

joti

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Electrical & Electronics Engineering Engineering Mechanical Engineering

Description

1. Teknologi Informasi : Rekayasaperangkat lunak, Pengetahuan data maining, Mobile Computing, Parallel/Distributed Computing, Kecerdasan Buatan, Tata Kelola dan Manajemen Sistem Informasi, User Interface/ User Experience, Process Management, IT Security, IS Adoption and Evaluation. 2. Sistem ...