Penelitian ini memfokuskan kepada penanganan kedisiplinan siswa di sekolah. Penentu keberhasilan siswa dalam proses pembelajaran disekolah adalah unsur  kedisiplinan yang tercatat pada guru bimbingan konseling (BK). Guru BK memegang peranan yang penting dalam setiap kegiatan siswa sehari-hari. Pada kegiatan perhitungan  pelanggaran/kesalahan berdasarkan nilai tertentu dari 1-100 yang dilakukan siswa dengan melihat  acuan/aturan yang telah ditetapkan oleh sekolah. Nilai kesalahan dihitung dan ditindaklanjuti secara bertahap sesuai dengan urutan struktur jabatan di sekolah. Dengan mengaplikasikan Metode Case Based Reasoning (CBR)  berbasis WEB mampu membantu guru BK dan puhak sekolah melakukan pemetaan pelanggaran dan dari hasil tersebut akan diputuskan langkah selanjutnya guna mendidik siswa berprilaku baik. Hasil dari penelitian adalah sebuah protoripe SPK yang dapat membantu guru BK menentukan tindakan dan langkah yang lebih terukur terhadap siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021