Penelitian ini dilakukan karena adanya permasalahan kendala dalam pembelajaran daring PJOK bagi peserta didik di SMP Negeri 1 Singaraja tahun ajaran 2021/2022. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja yang menjadi kendala dalam pembelajaran PJOK bagi peserta didik di SMP Negeri 1 Singaraja. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode deskriptif kuantitatif dengan teknik survei menggunakan angket atau kuisioner yang diberikan kepada peserta didik. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IX SMP Negeri 1 Singaraja. Berdasarkan hasil penelitian juga menunjukkan bahwa persentase rata-rata skor kendala dalam pembelajaran PJOK pada masing-masing aspek, yaitu aspek manusiawi sebesar 74,62%, aspek material sebesar 72,69%, aspek fasilitas perlengkapan sebesar 78,67%, dan aspek prosedur sebesar 73,66%. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa peserta didik memiliki kendala yang tinggi dalam mengikuti pembelajaran daring PJOK pada masa pandemi Covid-19 di kelas IX SMP Negeri 1 Singaraja.
Copyrights © 2022