Penelitian ini adalah penelitian pendekatan deskriptif kualitatif untuk meneliti strategi komunikasi dalam meningkatkan kinerja sopir pool di Biro Umum dan Protokol Setda Provinsi Bali. Fokus penelitian ini menjelaskan sejauh mana strategi komunikasi yang dilakukan dalam rangka meningkatkan kinerja sopir pool Biro Umum dan Protokol Setda Provinsi Bali, serta upaya apa yang dilakukan untuk menyelesaikan kendala–kendala yang ada. Dalam penelitian ini difokuskan pada pengukuran kinerja yang dilihat dari lima faktor keberhasilan pencapaian prestasi yaitu fisiologis, keselamatan/keamanan, rasa memiliki, penghargaan dan aktualisasi diri. Tujuan dari penelitian ini adalah memberi suatu kesimpulan tentang strategi komunikasi dalam meningkatkan kinerja sopir pool di Biro Umum dan komunikasi serta kendala yang dihadapi strategi komunikasi dalam meningkatkan kinerja sopir pool di Biro Umum dan Protokol Setda Provinsi Bali. Data yang dianalisis adalah hasil wawancara dengan Kepala Biro Umum dan Protokol Setda Provinsi Bali, Kepala Bagian Rumah Tangga, Kepala Sub Bagian Urusan Dalam, Staf koordinator, sopir pool Biro Umum dan Protokol Setda Provinsi Bali serta pemakai jasa transportasi dari OPD lain, serta telaah dokumen di Biro Umum dan Protokol Serda Provinsi Bali.Hasil penelitian menunjukkan strategi komunikasi dalam meningkatkan kinerja sopir pool di Biro Umum dan Protokol Setda Provinsi Bali sangat penting dilihat dari komunikasi yang dilakukan sehingga dapat meningkatkan kinerja sopir pool di Biro Umum dan Protokol Setda Provinsi Bali.
Copyrights © 2021