Jurnal Studi Komunikasi dan Media
Vol 25, No 2 (2021): Jurnal Studi Komunikasi dan Media

Bauran Komunikasi Pemasaran dalam Memasarkan Destinasi Wisata Alam Saat Pandemi COVID-19

Gilang D. Anggoro (Universitas Gunadarma)
Amri Dunan (Universitas Gunadarma)
Karman Karman (Kementerian Komunikasi dan Informatika)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2021

Abstract

Setiap industri pariwisata harus mempraktikkan komunikasi pariwisata, termasuk saat pandemi. Komunikasi pariwisata yang baik membantu industri dalam memasarkan produk atau jasanya. Oleh karena itu, diperlukan strategi untuk meningkatkan potensi keberhasilan dan meminimalkan risiko. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi komunikasi pariwisata pada masa pandemi Covid-19 dengan mengadopsi konsep Marketing  Mix  of Communication. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi Marketing Mix of Communication pariwisata mereka yaitu dengan iklan, personal selling, sales promotion, direct marketing, public relations, dan WOM. Manajemen juga mengutamakan peran vital dalam penyampaian informasi tentang Covid-19 untuk menjaga pariwisata, dan konten yang diberikan dapat bermanfaat bagi wisatawan.

Copyrights © 2021