Journal of Innovation and Applied Technology
Vol 7, No 2 (2021)

Analisis Dampak Penyebaran COVID-19 Terhadap Daya Beli Konsumen Berbasis Digital Platform. (Studi Kasus Mitra Go-Food, Gojek Region Malang)

L. Tri Wijaya Nata Kusuma (Unknown)
Debrina P. Andriani (Universitas Brawijaya)
Amanda Nur Cahyawati (Universitas Brawijaya)
Raditya A. W. (Universitas Brawijaya)



Article Info

Publish Date
22 Dec 2021

Abstract

Evolusi virus Covid-19 dan dampak ekonominya yang tidak pasti menyulitkan untuk merumuskan respons kebijakan ekonomi yang tepat. Termasuk aktivitas perdagangan online kebutuhan bahan pokok sehari-hari. Fitur aplikasi delivery online akan sangat berdampak. Salah satu fiturnya adalah pemesanan dan pengiriman makanan, Go-Food, sebagai perantara antara restoran, pengemudi, dan konsumen. Bukti ini mendukung pentingnya konsumsi Go-Food sebagai aplikasi mobile pemesanan makanan di Indonesia di masa pandemi. Namun,  hanya beberapa riset yang menganalisis perilaku konsumen Indonesia dalam mengadopsi teknologi ini akibat dampak penyebaran Covid-19. Penelitian ini meyakini pentingnya memperhatikan pemetaan pola tingkat konsumsi masyarakat memandang teknologi aplikasi Go-Food dan korelasinya terhadap dampak dari kebijakan social distancing.  Hasil penelitian ini akan memberikan wawasan yang akan bermanfaat tidak hanya untuk tujuan akademis dan teoritis melalui analisis yang kami lakukan, tetapi juga memberikan kontribusi kepada praktisi untuk meningkatkan manajemen logistik mereka dan memahami pasar mereka terutama di Indonesia selama masa pandemi.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jiat

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Article published Journal of Innovation and Applied Technology (JIAT) include the results of community service related to Community Development, Economic Development, Transfer and Diffusion of Technology, Innovation Science and Technology, Institutional Innovation, Development of Local Wisdom, Basic ...