Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis optimalisasi pelayanan administrasi kependudukan pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Kolaka.  Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan informan yang dipilih secara purposive sampling yang berjumlah sebanyak 7 orang. data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, data yang peroleh tersebut kemudian dianalisis secara kualitatif melalui analisis kualitatif model interaktif yang tediri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Optimalisasi pelayanan administrasi publik pada Dinas Kependudukan dan Cacatan Sipil Kabupaten Kolaka dilakukan dengan peningkatan anggaran pada organisasi, penerapan value for money, penyediaan insentif berupa TTP bagi pegawai sesuai dengan beban kerja yang diberikan. Serta peningkatan kompetensi pegawai yang dapat ditingkatkan melalui pelatihan-pelatihan baik itu yang diselenggarakan oleh daerah, provinsi maupun pemerintah pusat, selain itu juga peningkatan kompotensi pegawai dapat dilakukan melalui pendidikan formal.Kata Kunci: Optimalisasi, Administrasi Kependudukan, Kinerja Pegawai
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021