Jurnal PIKOM (Penelitian Komunikasi dan Pembangunan)
Vol 22, No 2 (2021): Jurnal PIKOM (Penelitian Komunikasi dan Pembangunan)

TRANSAKSI SAYURAN VIA INTAGRAM: SEBUAH METODA PARTISIPATORIS DALAM PROSES KOMUNIKASI DAN PEMBELAJARAN KONSUMEN?

Edi Dwi Cahyono (Jurusan Sosial Ekonomi Fakulutas Pertanian Universitas Brawijaya)
Reza Safitri (Universitas Brawijaya)
Eka Pradesti (Universitas Brawijaya)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2021

Abstract

Prospek platform media sosial sebagai alat komunikasi dan edukasi dalam bidang pertanian menarik untuk dikaji. Studi ini difokuskan untuk mendiskripsikan persepsi konsumen tentang aspek teknis dari Instagram dan perannya sebagai metoda untuk bertransaksi dan pembelajaran produk pertanian tertentu. Sebuah survei secara online dilakukan, yang menjaring 53 followers dari 7 komunitas online sayuran, yang dioperasikan di wilayah Malang Raya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas pembeli sayuran via Instagram adalah perempuan berpendidikan tinggi, yang telah lebih dari tiga tahun menggunakan media sosial tahun. Melalui teknis analisis Skala Likert terungkap bahwa Instagram dipersepsi positif karena relatif kemudahan dalam penggunaan dan fleksibilitasnya. Selain memudahkan proses transfer informasi dan transaksi pertanian, Instagram juga mendorong budaya pembelajaran partisipatoris dan pertukaran pengetahuan dan inovasi, merefleksikan pembangunan agri-collective intelligence. Namun, dalam jangka waktu tertentu, cukup banyak pembeli yang ragu untuk melakukan transaksi sayuran lagi—  mengindikasikan adanya persoalan keberlanjutan dalam bertransaksi secara online.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jpkp

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal PIKOM (Penelitian Komunikasi dan Pembangunan) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan 2 (dua) kali dalam satu tahun oleh Balai Besar Pengembangan SDM dan Penelitian Kominfo Medan. Jurnal PIKOM memuat artikel yang merupakan hasil penelitian dan kajian ilmiah dalam bidang komunikasi dan ...