Kehadiran perbankan syariah memperkuat peran dalam pembangunan perekonomian Indonesia dan menjaga stabilitas keuangan Nasional, maka diperlukan manajemen yang baik dalam upaya pengembangan perbankan syariah demi membangun bank syariah yang kuat dan sehat. Santri pondok pesantren sebagai salah satu komponen masyarakat yang merupakan pangsa pasar yang layak untuk diperhatikan dalam hal peningkatan jumlah nasabah bank syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan dan promosi terhadap minat menabung santri pndok pesantren Ar-Ridwan di bank syariah dengan metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel didapat sebanyak 113 responden dan data dikumpulkan dengan cara wawancara, kuesioner, dokumentasi dan dianalisis melalui pengujian statistic. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengetahuan berpengaruh signifikan terhadap minat menabung santri di bank syariah, promosi berpengaruh signifikan terhadap minat menabung santri di bank syariah, artinya secara bersama-sama pengetahuan dan promosi berpengaruh signifikan terhadap minat menabung santri di bank syariah.
Copyrights © 2021