JPPM (JURNAL PENELITIAN DAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA)
Vol 15, No 1 (2022): JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika) Volume 15 Nomor 1 Februari

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF LECTORA INSPIRE DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS

Dwi Yulianto (STKIP La Tansa Mashiro)
Egi Adha Juniawan (STKIP La Tansa Mashiro)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2022

Abstract

Kurikulum 2013 dirancang mengembangkan keseimbangan antara sikap spiritual dan sosial, pengetahuan, dan keterampilan. Keterampilan yang dikembangkan meliputi keterampilan secara physical (fisik) dan keterampilan secara mental yakni berpikir yang termasuk di dalamnya kemampuan berpikir kritis. Oleh karena itu, pelatihan terhadap kemampuan berpikir kritis selayaknya dilaksanakan dalam proses pembelajaran pada setiap mata pelajaran pada kurikulum 2013 termasuk Matematika. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis kebutuhan siswa terhadap media pembelajaran lectora inspire, (2) menghasilkan media pembelajaran berbasis lectora inspire, (3) mengefektifkan penggunaan media pembelajaran berbasis lectora inspire. (4) mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa melalui pembelajaran pendekatan saintifik berbasis lectora inspire. Jenis penelitian yang digunakan Research and Development, mengacu model pengembangan Borg and Gall rancangan penelitian one group pre-test-post-test design yang menggunakan kelas eksperimen dan kontrol. Metode yang digunakan adalah purposive sampling. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X yang berjumlah 57 siswa di MA Daar El Qolam Tangerang. Data yang diperoleh pada penelitian ini adalah hasil pretest dan posttest siswa. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data yaitu uji normalitas, Uji Homogenitas, uji-t, serta uji gain score. Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran berbasis lectora inspire pada mata pelajaran Matematika yaitu, 1) proses pengembangan media pembelajaran berbasis lectora inspire pada mata pelajaran Matematika melalui tahapan ADDIE dengan pendekatan Saintifik, 2) kualitas media pembelajaran interaktif Lectora Inspire yang telah dikembangkan termasuk dalam kategori baik. Dengan demikian, produk media pembelajaran interaktif Lectora Inspire berbasis pendekatan saintifik layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran, dan 3) efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis lectora inspire pada mata pelajaran Matematika kelas X MA Daar El Qolam dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil penelitian ini terlihat dari skor rata-rata Posttest dan gain score kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen yang terbukti lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Selain itu, berdasarkan hasil pengujian Uji Independent Sample T-Test menunjukkan bahwa ada perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

The Journal invites original research articles and not simultaneously submitted to another journal or conference. The whole spectrum of research in mathematics education are welcome, which includes, but is not limited to the following topics: Design/Development Research in Mathematics Education ...