JPPM (JURNAL PENELITIAN DAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA)
Vol 15, No 1 (2022): JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika) Volume 15 Nomor 1 Februari

PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA

Tiara Hamzani Putri (Universitas Negeri Jakarta)
Makmuri Makmuri (Universitas Negeri Jakarta)
Siti Rohmah Rohimah (Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
08 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pendekatan saintifik pada pembelajaran jarak jauh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP Negeri 86 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi experiment dengan post-test only control group design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah teknik purposive sampling dan cluster random sampling. Kelas tersebut juga telah memenuhi syarat dalam uji normalitas, homogenitas, dan kesamaan rata-rata. Instrumen penelitian yang digunakan adalah hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi bangun ruang sisi datar. Instrumen tes berbentuk soal uraian yang terdiri dari enam soal yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai t_hitung=3,785>t_tabel=1,669, maka tolak H_0 pada taraf signifikansi α=0,05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan saintifik pada pembelajaran jarak jauh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP Negeri 86 Jakarta. Berdasarkan perhitungan besar pengaruh diperoleh d=0,9, dengan presentase sebesar 82% yang termasuk ke dalam kategori besar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

The Journal invites original research articles and not simultaneously submitted to another journal or conference. The whole spectrum of research in mathematics education are welcome, which includes, but is not limited to the following topics: Design/Development Research in Mathematics Education ...