JPPM (JURNAL PENELITIAN DAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA)
Vol 15, No 1 (2022): JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika) Volume 15 Nomor 1 Februari

KARAKTERISTIK KECEMASAN SISWA SMA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Yusuf Ramdani (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Syamsuri Syamsuri (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Aan Subhan Pamungkas (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
27 Jan 2022

Abstract

Kecemasan matematika adalah bentuk perasaan seseorang baik gugup, takut dan takut, cemas atau takut dalam menghadapi masalah matematika atau dalam melakukan pembelajaran matematika. Perkembangan gejala kecemasan matematika sangat mengkhawatirkan, sehingga pembelajaran matematika menjadi kurang efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan karakteristik kecemasan siswa SMA dalam pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subyek penelitian adalah siswa SMA. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen wawancara dimodifikasi dari instrumen Abbreviated Math Anxiety Scale (AMAS) yang terdiri dari 9 item soal dan 2 aspek kecemasan matematika. Data yang telah diperoleh akan dianalisis dengan menggunakan metode perbandingan tetap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat karakteristik kecemasan matematika siswa SMA yang dapat dibagi menjadi 3 jenis; tipe cemas, tipe cemas dalam proses belajar, dan tipe cemas dalam evaluasi. Tipe cemas merupakan kategori kelompok yang terdiri dari mata pelajaran yang perlu diperhatikan. Tipe cemas dalam proses adalah kategori kelompok yang terdiri dari mata pelajaran yang dibutuhkan untuk cemas dalam proses pembelajaran matematika. Tipe cemas dalam evaluasi adalah kategori kelompok yang terdiri dari mata pelajaran yang cemas tentang aspek evaluasi matematis. Kata kunci: Kecemasan, Matematika, Proses Pembelajaran, Evaluasi

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

The Journal invites original research articles and not simultaneously submitted to another journal or conference. The whole spectrum of research in mathematics education are welcome, which includes, but is not limited to the following topics: Design/Development Research in Mathematics Education ...