Kecemasan matematika adalah bentuk perasaan seseorang baik gugup, takut dan takut, cemas atau takut dalam menghadapi masalah matematika atau dalam melakukan pembelajaran matematika. Perkembangan gejala kecemasan matematika sangat mengkhawatirkan, sehingga pembelajaran matematika menjadi kurang efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan karakteristik kecemasan siswa SMA dalam pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subyek penelitian adalah siswa SMA. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen wawancara dimodifikasi dari instrumen Abbreviated Math Anxiety Scale (AMAS) yang terdiri dari 9 item soal dan 2 aspek kecemasan matematika. Data yang telah diperoleh akan dianalisis dengan menggunakan metode perbandingan tetap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat karakteristik kecemasan matematika siswa SMA yang dapat dibagi menjadi 3 jenis; tipe cemas, tipe cemas dalam proses belajar, dan tipe cemas dalam evaluasi. Tipe cemas merupakan kategori kelompok yang terdiri dari mata pelajaran yang perlu diperhatikan. Tipe cemas dalam proses adalah kategori kelompok yang terdiri dari mata pelajaran yang dibutuhkan untuk cemas dalam proses pembelajaran matematika. Tipe cemas dalam evaluasi adalah kategori kelompok yang terdiri dari mata pelajaran yang cemas tentang aspek evaluasi matematis. Kata kunci: Kecemasan, Matematika, Proses Pembelajaran, Evaluasi
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022