SASINDO
Vol 9, No 2 (2021): Juli 2021

KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PUISI DENGAN MODEL CONCEPT SENTENCE PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA N 1 ULUJAMI KABUPATEN PEMALANG TAHUN AJARAN 2019/2020

Fatkhur Rozi (Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
19 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan model Concept Sentence dalam pembelajaran menulis teks puisi pada peserta didik kelas X SMA N 1 Ulujami Kabupaten Pemalang tahun ajaran 2019/2020. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik tes dan nontes (obsevasi, wawancara, dokumentasi, dan angket). Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan deskriptif kuantitatif. Model Concept Sentence efektif saat digunakan dalam pembelajaran menulis teks puisi pada peserta didik kelas X SMA N 1 Ulujami Kabupaten Pemalang Tahun Ajaran 2019/2020. Keterangan tersebut berdasarkan pemerolehan bahwa hasil menulis teks puisi peserta didik dengan menggunakan model Concept Sentence meningkat sebesar 10% dari nilai rata-rata 70 meningkat menjadi 80. Berdasarkan perhitungan uji homogenitas, normalitas, dan validitas diperoleh hasil signifikansi yaitu nilai T-hitung lebih besar dari taraf alfa yang digunakan yaitu 0.05%.

Copyrights © 2021