Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap pemanfaatan video sebagai solusi pembelajaran matematika online di kelas VIII MTs N 6 Bantul. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs N 6 Bantul, sedangkan sampel yang digunakan adalah kelas VIII D. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September-Oktober Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah model Miles dan Huberman. dimana pembelajaran dilakukan secara online, menunjukkan respon yang sangat positif dengan skor rata-rata 3,50 Aspek penilaian sendiri terbagi menjadi dua yaitu faktor internal dan faktor eksternal Penilaian tersebut termasuk dalam kategori sangat positif yang menunjukkan skor keseluruhan yang dimiliki siswa. persepsi yang sangat positif terhadap video pembelajaran matematika kelas VIII ini
Copyrights © 2021