SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 7, No 1: Juni 2015

EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING SETTING KOOPERATIF

Syafaruddin Syafaruddin (UNM)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2015

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian Eksperimen Semu (Quasi Eksperiment Design) yang melibatkan satu kelas sebagai kelas eksperimen dengan tujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika dengan pendekatan Student Facilitator and Explaining pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Galesong Selatan Kabupaten Takalar. Masalah utama dari penelitian ini yaitu apakah pendekatan Student Facilitator and Explaining efektif diterapkan dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Galesong Selata Kabupaten Takalar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika melalui pendekatan Student Facilitator and Explaining pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Galesong Selatan Kabupaten Takalar. Kriteria keefektifan pembelajaran dilihat dari ketuntasan hasil belajar siswa yang meningkat dan telah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal 15≥ " 80%, aktivitas siswa dalam pembelajaran telah mencapai ≥ 70% dan dan respons siswa terhadap pembelajaran mencapai ≥ 75%. Desain penelitian yang digunakan adalah The One Group Pretest-Posttest Design, yaitu sebuah penelitian yang dilaksanakan dengan adanya tes awal dan tes akhir dan tanpa adanya kelas pembanding. Penelitian penelitian ini dilaksanakan 8 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar untuk mengukur hasil belajar sebelum dan setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Student Facilitator and Explaining, lembar observasi aktivitas siswa untuk mengamati aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung, dan angket respons siswa untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan Student Facilitator and Explaining. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ketuntasan pretest matematika siswa seluruhnya tidak mencapai kriteria ketuntasan minimal, (2) Ketuntasan posttest matematika siswa dikategorikan “meningkat dan “tuntas” secara klasikal, (3) Aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika dikategorikan “aktif”, (4) Respons siswa terhadap pembelajaran matematika dikategorikan “positif”. Berdasarkan hasil penelitian tersebut yang telah memenuhi kriteria kefektifan pembelajaran matematika, maka dapat disimpulkan pembelajaran matematika dapat efektif apabila diterapkan pendekatan Student Facilitator and Explaining pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Galesong Selatan Kabupaten Takalar.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

sigma

Publisher

Subject

Mathematics Other

Description

The aim of this journal is to publish research in mathematics education including teaching and learning, curriculum development, learning environments, teacher education, educational technology, and educational development from many kinds of research such as survey, research and development, ...